Strategi pemasaran
adalah cara atau perencanaan dalam menjual barang. dalam menjual barang,
perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik maka perlunya
kreatifitas dalam menentukan strategi pemasaran tersebut. dalam menentukan
pemasaran dan kita akan mencontohkan strategi pemasaran kreatifxiaomi, ada empat inti dalam menentukan target pemasaran yaitu:
1. Produk
Dalam menentukan
strategi pemasaran, produk yang kita jual harus memiliki daya jual yang
nantinya akan memenuhi kriteria kebutuhan pasar kebanyakan. produk yang akan
dibuat harus memiliki daya tarik pasar dengan melihat apa saja kebutuhan pasar
pada produk yang kita akan jual. jadi apabila ingin menentukan pembuatan produk
berkualitas atau produk yang bahan biasa saja tergantung kepada kebutuhan pasar
saat ini. seperti contohnya xiaomi dalam menentukan produk mereka melihat
kebutuhan pasar dalam menentukan produknya. pasar ingin smartphone berkualitas
tinggi dengan harga yang miring.
2. Harga
Harga berkaitan langsung
dengan target pasar. apabila sudah menentukan produk, maka selanjutnya
menentukan harga. apabila kita ingin menetukan target pasar menengah kebawah
maka harga produk harus lebih rendah dari yang ada dipasaran, sebaliknya.
apabila menyasar target pemasaran menengah keatas, maka harus sama dengan harga
menengah keatas dari pasar produk tersebut, dibarengi dengan produk yang
berkualitas pastinnya. Contoh xiaomi menentukan produknya dengan harga murah
dengan target pasar menengah kebawah.
3. Promosi
Dalam strategi pemasaran
kuncinya ada pada promosi, promosi adalah cara bagaimana agar produk yang kita
jual dikenal oleh konsumen, yang tentunya mengarah pada pasar yang akan dituju.
Bukan hanya dikenal oleh konsumen promosi harus melakukan daya Tarik pada consumen
agar produk yang kita jual dapat menarik konsumen dan membeli produk yang akan
dijual. Cara promosi dapat bermacam-macam. Dari yang offline seperti banner,
ikut pameran dan lain sebagainya sampai yang online. Contoh xiomi dalam
menentukan promosi dengan cara online, karena anggaran yang minim untuk menekan
harga produk jadi alasan xiaomi. Dan terbukti strategi promosi xiaomi berhasil,
buktinya xiomi terkenal sampai ke belahan dunia termasuk Indonesia.
4. Tempat
Tempat untuk menjual
produk kita terbilang bagian yang mungkin sulit. Karena menentukan tempat juga
berkaitan langsung dengan harga produk. Harga sewa tempat yang semakin mahal,
kita harus jeli dalam menentukan tempat berjualan. Tempat berjualan juga ada
yang offline seperti buka toko di ruko pinggir jalan atau di ruko mall dan lain
sebagainya sampai yang online seperti toko online atau official website yang
bisa untuk berjualan.
Itulah ulasan dalam
menentukan strategi pemasaran, semoga tulisan ini bermanfaat dalam menentukan
strategi pemasaran yang ingin dijual. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar